Welcome | Selamat Datang | Sugeng Rawuh | Wilujeng Sumping

Anda nyasar ke situs ini ? Selamat !!!

Anda telah menemukan komunitas mini penggemar makanan dan jalan-jalan.

Makan dan Jalan tidak perlu selalu mahal, namun bisa dinikmati dan disyukuri bersama. Itulah intisari dari terbentuknya klub badoger ini.Silahkan Anda nikmati blog ini dengan pikiran dan hati terbuka....

Salam Nikmat dari kami

Pedurungan Klub

Cari-Cari

Kamis, 19 Juni 2008

Trip in USA

Wah kali ini diberi kesempatan ke USA, cukup melelahkan dan menyenangkan juga....
Start dari semarang langsung ke Jakarta naik Garuda, dari Jakarta ke Singapur naik SQ, nginap semalam di Sing kemudian besok paginya dilanjutkan ke Tokyo (7 jam perjalanan) kemudian dari tokyo ke Seatle (9 jam perjalanan), dari Seatle langsung ke Pullman, Washington.

Wah capek juga nih, sekitar 22 jam perjalanan belum termasuk transit dan stay overnight in Sing. Jadi saya mengalami dua kali hari Senin. Berangkat dari Sing Senin pagi, sampai di US Senin pagi juga. Untunglah pihak US Wheat berbaik hati memberikan klas bisnis ke saya, jadi di perjalanan bisa istirahat cukup (FYI, tidak semua peserta diberi kelas bisnis, jadi yah lumayanlah...bisa istirahat dengan nyaman...).

Perjalan pulang dengan rute yang sama, hanya berbeda arah...Ketika pulang, sebaliknya saya kehilangan satu hari. Dari washington jam 06.00 sabtu pagi, sampai narita (tokyo) jam 18.00 minggu sore pada hari berikutnya. Padahal selama di perjalanan, siang terus dan hanya 7 jam.

At immigrasi :
Dari semua penumpang pesawat, hanya saya sendiri yang dikarantina dan diinvestigasi ketat ketika sampai di Seatle USA, lebih dari satu jam. Ditanya macam2, diambil photo dan sidik jarinya sampai dua kali. Untunglah tidak dideportasi.

At the spot :
Di US saat ini masih musim hujan menjelang summer, jadi matahari tenggelam sekitar pukul 21.00 dan terbit sekitar pukul 04.30. So kita maghriban jam 21.00 kemudian Isya jam 22.15 dan Jam 03.00 sudah sholat shubuh...habis itu dilanjutkan tidur lagi....He2xxxxxxx
Kebetulan pas ada anomali cuaca di sana, sehingga saya bisa menyaksikan turunnya salju. Suhu berkisar antara 5 - 20 C. Untunglah angin tornado tidak sampai ke wilayah tempat saya menginap. Karena hampir di sebagian wilayah amerika tengah terkena angin tornado dan banjir, yang bahkan menyerang perkemahan pramuka di sana (menewaskan 3 orang boyscout).
Tempat kami menginap dan konferensi, jauh dari keramaian karena terletak jauh di desa. Tidak ada taxi, bis. Mall ada tapi kecil. Sehari2 yang dilihat adalah pohon gandum di sepanjang kiri dan kanan jalan.

Kami juga mengunjungi export terminal gandum, petani2 gandum dan juga mengunjungi para breeder gandum. Perlu diketahu bahwa Indonesia membeli gandum dari Amerika melalui Pasific Northewest terminal, karena dari sinilah wilayah yang paling dekat dengan Indonesia. Selain itu juga ada terminal export di timur laut (Great lakes) dan di tenggara (gulf of mexico).
Kami juga melihat loading gandum via kontainer, jadi apa yang saya bayangkan selama ini ternyata salah. Jadi pengisian gandum tetap lewat samping belakang (lihat gambar) tanpa harus memiringkan kontainernya.

Hari2 yang cukup mendebarkan adalah hari dimana kami harus sharing/presentasi di depan para breeder, para ahli gandum dari 3 universitas (Idaho University, Oregon University, dan washington state university), US Wheat Comission dan US Wheat Associatio, tapi alhamdulillah akhirnya semuanya dilalui dengan baik....
Makanan :
Susah juga, setiap hari makan daun melulu (salad), roti (ora enak). Daging dan ayamnya juga ora enak....nasi ada tapi ndak setiap hari...Sebulan di sana bisa turun nih BB-nya.
Jalan2 :
Rapi dan teratur, pom bensin nggak ada yang jaga (Self service). Juga koran2 dijual ndak ada yang jaga, tinggal kasih uang, ambil koran. Kalo di Indonesia, wah korannya bisa amblas semua. Juga untuk minuman, seperti yang ada di TV self service, tinggal masukin uang, keluar minuman sesuai dengan yang kita mau.

TV Channel :
Ada salah satu channel di sana yang isinya mempertontonkan bagian2 terlarang wanita...wah bahaya buat anak2. Tapi untunglah saya hanya melihat sekejap saja sekedar sekelebatan lewat (hanya ingin tahu, supaya bisa berbagi cerita).