Welcome | Selamat Datang | Sugeng Rawuh | Wilujeng Sumping

Anda nyasar ke situs ini ? Selamat !!!

Anda telah menemukan komunitas mini penggemar makanan dan jalan-jalan.

Makan dan Jalan tidak perlu selalu mahal, namun bisa dinikmati dan disyukuri bersama. Itulah intisari dari terbentuknya klub badoger ini.Silahkan Anda nikmati blog ini dengan pikiran dan hati terbuka....

Salam Nikmat dari kami

Pedurungan Klub


Cari-Cari

Jumat, 13 Juni 2008

Wisata Keluarga di Ciater - Lembang

Berikut ini adalah catatan ringan perjalanan ke Ciater - Lembang. Mudah-mudahan bisa menjadi sekedar referensi.


Ciater
Daya tarik utama Ciater adalah sumber air panas alaminya (hot Spring water)
dan juga ditunjang oleh cuacanya yang cukup sejuk. Dari Semarang kami lebih suka menempuh jalur Smg-Pamanukan-Subang-Ciater, yang kurang lebih bisa ditempuh dalam waktu 8 jam (santai).

Tetapi biasanya kami berhenti di Pamanukan (maklum ... mertua tinggal disana).
Dan baru keesokan harinya berangkat ke Ciater. Jika sampai di Indramayu sudah waktunya makan siang, cukup asyik mencoba menu-menu ikan di restoran Pesona Laut di daerah Eretan Indramayu. Suasananya cukup asyik di pinggir pantai, dan harganya juga lumayan terjangkau.

Tetapi jika jam makan siang sudah sampai di Pamanukan, ada sebuah restoran bernama Sarira di daerah Binong (antara Pamanukan - Subang) yang cukup mak nyus untuk urusan "Nasi Tutug Oncom"nya.

Kalau dari Jakarta sepertinya jalur yang paling gampang adalah Jkt-Purwakarta-Subang-Ciater (CMIIW) Jika sampai Subang sudah saatnya makan siang, ... cobalah naik sedikit. Di jalur Subang - Ciater (sebelum sampai jalan Cagak) ada rumah makan sunda namanya Parahyangan, di RM ini menu favorit kami adalah "Sup Ikan" yang sedikit berasa pedas jahe yang tentu saja mak nyus.

Sampai di Ciater ngapain ?
Ya ... berendam di hot spring water. Jadi jangan lupa bawa ganti pakaian. Sesudah masuk lokasi ada 3 lokasi yang bisa dipilih. Yang kelas satu masuk ke kolam renang(rendam) Rp 27.500,- (dapat sekotak soft drink). Kelas 2-nya Rp 17.500,- dan ada juga yang free di kolam2 dan pancuran terbuka.


Dimana kalau mau nginap ?
Di Ciater ada banyak penginapan, dari yang cukup menguras kantong seperti di Sari Ater Hot Spring Resort, ada juga yang cukup terjangkau seperti di Sarimas (dengan masjid Kubah Birunya yang menyolok mata)

Kalau kami lebih suka menginap di Lembang. Karena di Lembang lebih banyak hal yang bisa dilakukan, kalau di Ciater setelah berendam mau ngapain lagi ? Toh jarak Ciater - Lembang cuma sekitar 15 Km. Dari Ciater ke Lembang sebenarnya ada Kawah Gunung Tangkuban Perahu, tetapi kami kurang tertarik untuk mengunjunginya, apalagi harus bawa anak balita.


Lembang sangat banyak (sekali) hotel di Lembang, tetapi pada waktu weekend nggak gampang
menemukan hotel/penginapan/bungalow untuk menginap beserta keluarga yang cukup representatif namun terjangkau. Lebih baik lakukan reservasi lebih dahulu.

Ada sebuah hotel yang cukup representatif dan terjangkau, namanya adalah Hotel Yehezkiel. Anda tidak akan menemukan hotel ini di jalur utama, karena letaknya di Jl. Raya Maribaya No 11B. Dari pasar lembang belok sedikit ke arah Maribaya. Ini adalah best value hotel yang berhasil kami temukan di Lembang, yang cukup representatif untuk keluarga. Tempatnya lumayan bersih, dan murah. Ada Family Room untuk bareng2 termasuk ada dapurnya, ada juga yang per kamar. Rate termurah adalah Deluxe hanya Rp 200.000,- (Weekend) dengan double bed, air panas dan sarapan pagi untuk 2 orang.

Hotel ini sangat dekat dengan pasar Lembang. Mau cari oleh-oleh, menikmati ulen bakar sambel oncom, atau mau belanja sayur ... tinggal jalan kaki. Kalau mau makan juga gampang, bisa menikmati Ayam Goreng Brebes di Pasar Lembang atau di depan hotel ada rumah makan sunda yang cukup menggoda, namanya Kedai Teteh.


Pagi hari bagi yang suka tanaman hias bisa berkunjung ke Venita Nursery, sebuah supermaket tanaman hias yang sangat terkenal, yang berjarak sekitar 2 km dari hotel. Kira2 1 km lagi ada juga lokasi petik strawberry namanya Dandy's Strawberry di desa Langensari. Tempatnya cukup asyik, nyaman, murah, ada beberapa permainan anak-anak. Sebenarnya tempat untuk petik strawberry yang paling terkenal adalah Rumah Strawberry, tetapi lokasinya cukup jauh ke arah Cihideung yang harus siap-siap menghadapi kemacetan, dan jalan ke Cihideung yang cukup tajam dan berliku. Menurut saya di Dandy's Strawberry sudah cukup representatif.

Demikian sekilas Ciater dan Lembang. Mudah-mudahan bermanfaat.
Salam, Andana

3 komentar:

Moel mengatakan...

Salam kenal, makasih ya info kulinernya, kalo berminat di blog saya jg ada daftar kuliner yang yummy2. Silahkan berkunjung. Makasih
http://kulinerbandungku.blogspot.com
Moel's Blog

ahmad babas mengatakan...

nie blog'a m0m0d pedurungan ya,,
lam kenal m0d
ane org pamanukan

Rijal Maulana mengatakan...

jika membutuhkan penginapan sekitar lembang dan dekat ke tempat2 wisata silahkan kunjungi http://www.penginapanmurahdilembang.blogspot.com